Polemik Angkutan Online Jangan Gunakan Cara Anarkis, Mari Selesaikan Dengan Cara Damai


Terkait bentrokan antara angkutan online dan konvensional di sejumlah wilayah di Indonesia, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mengatakan deteksi dini dan langkah proaktif perlu dilakukan terhadap gejolak-gejolak sosial.

“Tadi sudah saya sampaikan melalui video conference kepada jajaran, satu, lakukan deteksi dini. Deteksi dini artinya dengar informasi, kalau ada gejolak jangan dibiarkan. karena gejolak itu gak terjadi seketika,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri Selasa (21/3).

Tito mengatakan ketika masalah sosial di masyarakat terdeteksi
Hal ini bukan teori tambah Tito, segera redam dengan strategi langkah-langkah proaktif dan melakukan komunikasi dan dialog yang melibatkan Pemda, Polri, Dishub, dan Dinas Kominfo masing-masing.

“Selain itu undang angkutan online dan konvensional, kemudian DPRD yang mewakili masyarakat, nah baru dicari solusinya. Jangan sampai sudah terjadi keributan baru polisi turun tangan. Lakukan langkah proaktif, kalau ada yang melanggar, tindak tegas,” urainya.
Dia yakin dengan langkah proaktif dan komunikasi tidak akan terjadi aksi-aksi anarkis. Tapi kalau terjadi aksi anarkis, harus ditegakkan hukum baru dilakukan dialog lagi.
Polemik antara angkutan online dengan konvensional yang berujung anarkis dan bentrokan tentunya sangatlah disayangkan, karena aksi ini akhirnya malah merugikan kedua belah pihak.

Penyelesaian masalah dengan kekerasan tersebut bukan malah menyelesaikan masalah, tapi malah menimbulkan masalah baru, yakni konflik sosial dan kebencian di antara kedua belah pigakm

Seharusnya untuk menyelesaikan polemik angkutan konvensional dan online, kedua belah pihak harusnya bernegosiasi dan berdiskusi agar menemui titik temu.

Pemerintah sendiri sudah mencari solusi terkait permasalahan ini. Salah satunya adalah revisi peraturan menteri tentang transportasi online juga sedang dilakukan agar nantinya dapat menjadi solusi terkait polemik ini.

Previous Kapal Jangkrik, Kapal Pengolah Gas Terbesar Rakitan Indonesia
Next Waspada Kekerasan Anak, Mari Jaga Dan Awasi Buah Hati Kita

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *