Polisi amankan 2 tersangka wna dan 1 wni terkait kasus pembuatan surat palsu atas nama Presiden Jokowi


Jakarta, BuletinInfo -Polda Metro Jaya menangkap 2 warga negara asing Kaba Souleymane asal Republik Guinea dan Daniel Douglas Divine asal Liberia serta Ria Situmorang seorang WNI terkait dengan pembuatan surat palsu atas nama Presiden Jokowi.

Para tersangka ditangkap polisi di waktu dan tempat yang berbeda, Kaba Souleymane ditangkap di Aston Rasuna Kuningan 18 Juli pukul 10 Wib, sedangkan Daniel Douglas Divine di tangkap di Apartemen Green Lake Sunter Jakarta Utara 19 Juli pukul 01.30 Wib, serta Ria Situmorang ditempat yang sama di Apartemen Green Lake Sunter.

Tersangka diduga melakukan pembuatan surat menggunakan logo Kepresidenan (Garuda Pancasila) disertai tandatangan Presiden Jokowi yang dipalsukan dengan mencantumkan alamat email : jokowiriana@gmail.com dan nomor HP +6285813501734. Selain itu, para pelaku membuat surat palsu dan meminta donasi Pemilu 2019 untuk motif ekonomi.

Barang Bukti yang berhasil di sita antara lain  1 laptop MAC, 1 iphone, 1 Samsung S6 Edge, 2 simcard Indosat dan pasport. Selain itu juga disita  6 unit HP, 1 laptop merk HP, 9 lembar pecahan US$ 100, 25 lembar pecahan US$ 2, 150 lembar US$ 1, 2 lembar pecahan 1 Ringgit, 2 lembar pecahan Dollar Liberia, uang tunai Rp 3 juta, 4 buku tabungan, 10 kartu ATM, 2 modem internet, 2 buah pasport.

Para tersangka pembuat surat palsu yang mengatasnamakan Presiden Jokowi telah melanggar peraturan perundang-udangan yang termuat di UU ITE dan KUHP tentang pemalsuan dokumen dan penipuan.

(HA)

Previous Kepolisian Amankan 2 WNA dan 1 WNI Terkait Pemalsuan Email Jokowi
Next Boni Hargens Minta Agar Perppu Ormas Dapat Bubarkan Sekte Saksi Yehuwa