Posisi daya saing RI naik 5 tingkat buktikan lingkungan makro ekonomi semakin kuat


Jakarta, BuletinInfo – Peringkat daya saing Indonesia meningkat lima peringkat dari yang sebelumnya di posisi 41 menjadi 36. Capaian tersebut berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF) terkait Global Competitiveness Index 2017-2018.

Menurut laporan laporan Global Competitiveness Index 2017-2018, posisi Indonesia tersebut didorong oleh pasar yang besar di peringkat 9 dan lingkungan makro ekonomi yang relatif kuat, di peringkat 26.

Selanjutnya, peringkat 31 dan 32 masing-masing dalam inovasi dan kecanggihan bisnis, Indonesia adalah salah satu inovator teratas di antara negara berkembang.

Terkait hal tersebut, Ekonom Dari PT BCA (Persero) David Samual mengatakan, kenaikan peringkat daya saing Indonesia membuat negara ribuan pulau ini semakin diminati banyak investor.

“Ya berarti masuk ke radar investor pastinya. Kalau peringkat makin bagus, itu kan salah satu input bagi mereka, makanya harus didorong terus,” kata David saat dihubungi Media di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

David menilai, meski sudah memiliki nilai lebih di mata investor, masih ada pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan pemerintah guna menjaga bahkan meningkatkan peringkat daya saing Indonesia ke depannya, salah satunya dengan merealisasikan 16 paket kebijakan ekonomi yang telah dirilis, apalagi yang menyangkut investasi.

Previous Pengungsi Gunung Agung senang, Presiden Jokowi berkunjung ketempat pengungsian
Next Jangan Percaya isu petisi referendum Papua Barat, Benny Wenda berbohong!!!