Presiden Joko Widodo : Produk Dalam Negeri tidak Kalah dengan Buatan Luar Negeri


Jakarta, BuletinInfo – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk bangga membeli produk-produk buatan dalam negeri. Dia menilai, saat ini banyak industri dalam negeri yang sudah mampu menunjukan taringnya bersaing di pasar dunia.

 Bangga Produk Indonesia

Menurutnya kita harus meningkatkan kebanggaan terhadap produk Indonesia. Sebab kata Presiden, produk Indonesia tidak kalah dengan buatan luar negeri.

“Saya tahu banyak orang kita ingin beli barang merek luar negeri. Kalau lihat di sini ada tulisan made in Indonesia langsung batal beli. Senengnya barang-barang impor. Ini yang harus dihentikan. Kita harus mencintai produk-produk yang di produksi di dalam negeri,” kata Presiden.

Padahal, lanjut Presiden, banyak produk dalam negeri dari pabrik Indonesia yang merajai pasar dunia. Bahkan 60 persen produk tersebut untuk ekspor.

“Kita lihat Sritex. Salah satu bukti merk Indonesia yang merajai pasar dunia. Mulai dari seragam militer, pakaian kerja, pakaian fesyen, dan pakaian anak semuanya dipasok Sritex. Enam puluh persen produknya untuk ekspor,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula Presiden menekankan untuk menekan impor dan menguatkan produk dalam negeri. Salah satu hal yang dicermatinya adalah masalah perijinan.

Selain itu Presiden menambahkan, pembangunan insfrastruktur yang saat ini gencar dilakukan pemerintah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan daya kompetensi produk dalam negeri.

“Infrastruktur ini kita kerjakan habis-habisan untuk daya saing, supaya kita tidak kalah berkompetisi. Tahapan kedua nanti kita akan masuk ke industri pengolahan, tahapan ketiga kita akan masuk ke industri jasa. Strategi pembangunan kita seperti itu, karena semua negara sekarang ini berbenah diri,” ucapnya.

Previous Peran Sekolah Penting Untuk Pengajaran Bahaya Radikalisme Dan Intoleransi Sedari Dini
Next Acara Pembubaran Dan Penolakan HTI Dilakukan Oleh FPI