Presiden Jokowi dalam sisa masa jabatannya akan fokus pemerataan ekonomi


Jakarta, BuletinInfo – Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI. Dalam kesempatan itu, Jokowi berjanji di sisa masa jabatannya akan melakukan pemerataan ekonomi.

Jokowi mengatakan, 72 Indonesia merdeka, masih banyak sejumlah daerah yang belum merasakan arti kemerdekaan terutama dalam pembangunan ekonomi.

“Untuk itu, di tahun ketiga masa bakti Kabinet Kerja ini, Pemerintah lebih fokus untuk melakukan pemerataan ekonomi yang berkeadilan,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, Rabu (16/8/2017).

Jokowi menginginkan agar seluruh rakyat yang berada di pinggiran, kawasan perbatasan, pulau-pulau terdepan, kawasan terisolir merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan, dan merasa bangga menjadi Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita ingin kualitas hidup rakyat Indonesia semakin meningkat. Walaupun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita naik dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,18 di tahun 2016 kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita juga harus terus berupaya menekan ketimpangan pendapatan, yang saat ini Indeks Gini Rasio bisa kita turunkan dari 0,414 pada September 2014 menjadi 0,393 pada Maret 2017,” ungkapnya.(yn)

Previous Densus 88 Polri amankan AZ terduga teroris di Rokan Hilir Riau
Next Presiden Jokowi Berpakaian Jas Tutu Bugis Saat Pidato Kenegaraan sebagai simbol keberagaman namun tetap satu dalam NKRI