Presiden : Peran KPK Sangat Penting Dalam Penegakkan Hukum di Indonesia


Jakarta, BuletinInfo – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2017  di Istana Negara pada kamis (18/5-2017) kemarin.

Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas PIP) Tahun 2017 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Ada peristiwa menarik pada acara itu. Presiden tiba-tiba meminta pimpinan KPK yang hadir untuk duduk di jajaran kursi menteri.

Presiden pada saat itu duduk sejajar dengan Mensesneg Praktino dan Kepala BPKP Ardan Adiperdana yang berhadapan dengan undangan lainnya. Sedangkan, menteri lainnya duduk di barisan terdepan menghadap presiden.

Sebelum memulai sambutannya, saat Presiden telah menempati podium, Beliau melihat pimpinan KPK Alexander Marwata justru duduk di tengah hadirin. Presiden langsung menghentikan sambutan dan meminta Alex untuk maju dan duduk didepan.

“Sebelum saya memulai sambutan ini, saya minta satu kursi lagi, saya lihat tadi pimpinan KPK, Pak Alex silakan ke depan Pak,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Mendengar permintaan itu, Alex langsung berdiri dari kursinya. Seorang ajudan berpakaian TNI AL menghampiri Alex yang baru saja bangun dari kursinya.

Alex kemudian ke depan sedangkan ajudan membawa kursi yang tadi digunakan Alex ke depan. “Kursinya jangan beda, kursinya sama saja tapi di depan,” imbuh Jokowi.

Akhirnya, Alex duduk di sebelah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Selain itu, ada pula Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sanjoyo yang duduk sejajar dengan Alex.

Peserta  rakornas  yang nampak yakni  Inspektur Jenderal Kementerian, Inspektur Utama/Inspektur Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Inspektur Provinsi dan Inspektur Kabupaten/Kota. Selain Pimpinan APIP sebanyak 350 orang dan perwakilan dari desa terpilih sebanyak 30 orang. Juga hadir Ketua BPK, Menteri Kabinet Kerja, Pimpinan KPK, Kepala LPNK, Gubernur, Bupati dan Walikota sebagai undangan.

Pada kesmepatan tersebut, Jokowi menegaskan, peran KPK sangat penting dalam penegakan hukum di Indonesia. Karena itu, KPK harus mendapat tempat yang baik pula.

“KPK ini penting sekali, jangan diberikan kursi di belakang, harus di depan,” ujar Presiden.

Previous Persoalan Kebijakan Industri Pariwisata Terhadap Penyusutan Luas Lahan Pertanian di DIY
Next Deklarasi damai di kalbar