Presiden titip masa depan bangsa ini kepada guru


Jakarta, BuletinInfo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri apel HUT Ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Jokowi mengucapkan selamat kepada guru di seluruh Tanah Air.

“Saya bangga dengan guru. Kalau enggak ada guru, saya enggak jadi Presiden. Selamat kepada guru di Indonesia,” kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan puluhan ribu guru yang memadati stadion, Sabtu (2/12/2017).

 Jokowi berpesan agar guru terus mendedikasikan diri ke bangsa ini dan bukan sekadar mengajar, menjalankan profesi. “Saya titipkan masa depan bangsa ini kepada guru,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, tugas guru adalah memupuk dan menerangi siswa-siswi untuk membangun jiwa yang sehat, matang, dan memahami Bhinneka Tunggal Ika.

 Selain itu, Presiden Jokowi menjelaskan tugas guru tidak dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi karena bersifat kenabian selain mengajarkan akademik, tapi juga mengajarkan kebaikan kepada generasi muda.

Pendidikan karakter yang dapat dilakukan oleh guru adalah menjalankan misi kemanusiaan dan keberadaban dengan menggali, menyadarkan, dan mengajak serta menggerakkan jiwa anak didik pada kebenaran dan kebaikan.

“Peringatan Hari Guru Nasional ini harus kita jadikan momentum untuk berbenah menyiapkan generasi muda yang tanggap dan tangguh,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara melakukan salam takzim memberi penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia dengan membungkukkan dirinya di depan puluhan ribu guru yang hadir di stadion.

“Untuk itu saya sampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh guru di Tanah Air, guru-guru yang berada di desa-desa, guru-guru yang berada di pulau-pulau terpencil, pulau terluar dan di daerah perbatasan,” kata Presiden.

Ia menjelaskan berkat jasa para guru dirinya bisa menjabat sebagai Kepala Negara saat ini.

Sebanyak 38 ribu orang menghadiri perayaan puncak Hari Guru Nasional dan HUT Ke-72 PGRI di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam acara itu adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki serta Ketua Umum PB PGRI Unifah Rasyidin.

Lazimnya setiap kunjungan ke daerah, Jokowi juga membagi-bagikan sepeda. Ada enam guru yang beruntung mendapatkan sepeda usai berhasil menjawab pertanyaan diajukan Jokowi.

(sal)

Previous Nyata reuni 212 bersifat politis, Fahri masih coba menyangkal dengan alibi tantang kapolri, Fahri politikus ga jelas!!!
Next KKB Papua tembaki konvoi mobil Freeport, Tiga orang menjadi korban luka-luka