Rasio Utang Indonesia Tempati Urutan Kedua Terendah Di Asia Tenggara


Jakarta, BuletinInfo – Berdasarkan data Trading Economics, rasio utang Pemerintah Indonesia  terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menempati urutan dua terendah dari 10 negara Asia Tenggara.

Sebagaimana dikutip dari laman http://ekonomi.metrotvnews.com/globals dan https://id.tradingeconomics.com/, Minggu 29 Oktober 2017, tercatat bahwa negara dengan rasio utang terendah adalah Brunei dan tertinggi adalah Singapura.

Melihat data diatas, terlihat utang pemerintah Indonesia setara dengan 27,90 persen PDB pada 2016. Titik tertinggi berada di 87,43 persen pada tahun 2000 dan titik terendah berada di 22,96 persen pada 2012. Dengan demikian dapat terlihat bahwa pada periode pemerintahan Presiden Joko Widodo, utang negara berada dalam rentang yang sesuai dan dapat dipertanggung jawabkan. Strategi pengelolaan utang negara dilakukan Pemerintah dengan profesional dan prinsip kehati-hatian.

Utang pemerintah digunakan untuk hal yang bersifat produktif dan bermanfaat untuk negara seperti pembangunan infrastruktur yang nantinya dapat mendorong perkembangan sektor ekonomi bangsa, tidak digunakan untuk sesuatu yang bersifat konsumtif dan habis pakai.

Previous Kelompok bersenjata Papua minta makan dan tebar ketakutan, Aparat keamanan akan tindak tegas peristiwa itu
Next Tangkap penulis artikel yang ingin mengadu domba masyarakat dengan pemerintah!