Rating SCR Indonesia Naik, Kekuatan Ekonomi Tanah Air Makin Diakui Dunia Internasional


Jakarta, BuletinInfo.com – Lembaga pemeringkat Japan Credit Rating Agency Ltd (JCR) meningkatkan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia dari BBB-/Outlook Positif menjadi BBB/Outlook Stabil.

Kenaikan ini mencerminkan semakin meningkatnya keyakinan lembaga internasional terhadap kekuatan fundamental ekonomi Indonesia dan komitmen pemerintah untuk memperbaiki struktur ekonomi ke depan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo dalam keterangan resmi, Kamis (8/2).

“Pencapaian ini juga menunjukkan upaya sinergi kebijakan yang harmonis antara Bank Indonesia dan Pemerintah yang mampu menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan sehingga memberikan suasana kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Agus.
Selanjutnya untuk kedepan, lanjut Agus, bank sentral akan lebih mengoptimalkan kebijakan makroprudensial dan pendalaman pasar keuangan di dalam bauran kebijakan yang ditempuh. BI juga akan terus memberikan komitmen dan kontribusi nyata dalam mendukung upaya reformasi struktural Pemerintah bagi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, dan inklusif.

Sebelumnya, dalam siaran persnya, JCR menyatakan faktor kunci yang mendukung kenaikan SCR Indonesia adalah upaya sinergi pemerintah dalam melakukan reformasi struktural untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Hal ini berdampak positif dan tercermin dari kondisi iklim investasi yang semakin kondusif didorong berbagai Paket Kebijakan Ekonomi.

Momentum pembangunan infrastruktur pun menguat melalui inisiatif Proyek Strategis Nasional.

Selain itu, penurunan defisit transaksi berjalan yang diproyeksikan untuk tetap berada di bawah level yang terkendali. Cadangan devisa tinggi juga menjadi faktor yang menaikkan rating tersebut.

Keseluruhan kondisi tersebut menggambarkan penguatan resiliensi Indonesia terhadap gejolak eksternal.

Previous Presiden Jokowi berharap Masyarakat dapat memelihara persaudaraan meski berbeda agama dan suku
Next Gatot Dekatkan Diri Pada Kelompok Muslim Demi Ambisinya Untuk Maju Dalam Pilpres 2019