Ratusan Ribu Warga Nahdiyin berkumpul Doakan Untuk Bangsa


JawaTimur, BuletinInfo – Ratusan ribu warga Nahdliyin memadati Stadio Gelora Delta Sidoarjo untuk mengkuti Istighosah Kubro dengan tema ‘Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah’, Minggu (9/4/2017). Ratusan jamaah ini datang dari berbagi daerah di Jatim.

Istighosah Kubro ini juga dalam rangka peringatan Hari Lahir ke 94 NU, serta mendoakan bangsa ini agar terhindar dari permasalahan.

Selain memadati dalam stadion, ribuan warga NU ini juga memenuhi area luar stadion. Meski duduk dengan alas tikar dan di bawah terik matahari, mereka tetap khusuk berdoa.

“Istighosah ini sesuai instruksi kiai sepuh dan kami kiai di struktur unsur syuriah dan tanfidzyah PWNU dan cabang-cabang menjalankannya,” kata Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakil Allallah.

Dalam istighosah kubro ini, ulama kiai NU menyampaikan maklumat untuk mengarahkan umat Islam dan seluruh elemen bangsa dalam rangka menguatkan kembali bangunan keagamaan dan kebangsaan Tanah Air.

Hadir dalam istighosah kubro di Sidoarjo sembilan Kyai diantaranya, KH Anwar Mansur, KH Miftachul Akhyar, KH Tamim Romli, KH Nawawi Abdil Jalil, KH Khoil As’ad, KH Aza’im, KH Anwar Iskandar, KH Zainuddin Jazuli, KH Nurul Huda Jazuli.

Ratusan Ribu Warga Nahdliyin Hadiri Istighosah Kubro di Sidoarjo

Tohak hanya para kiai, Istighosah Kubro juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf.

Ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan Mutawakil Alallah menyatakan istighosah hari ini warga nahdliyin berdoa bersama-sama untuk keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia, dan kedaulatan bangsa ini dihadapan bangsa-bangsa yang lain, dan juga mudah-mudahan doa kyai tadi semoga bencana sosial yang menimpa bangsa ini ada pintu keluar dan ada jalan keluarnya, dan kami mengharapkan para pemimpin bangsa ini juga mengambil kebijakan kebijaksanaan yang memihak pada rakyat.

“Semoga doa kyai dalam istighosah kubro yang dilaksanakan di gor Sidoarjo ini semoga bangsa kita ini diberikan keselamatan,kesejahteraan dan kemakmuran, selain itu juga mudah-mudahan doa kyai semoga bencana sosial yang menimpa bangsa ini ada pintu keluar dan jalan keluarnya,” kata Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakil Alallah.

Sementara itu Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar menambahkan, warga NU meneguhkan komitmennya terhadap keselamatan negara kesatuan Replublik Indonesia. Menurut warga NU, NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final, negara ini negara bangsa, bukan negara agama.

“NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final, negara ini negara bangsa bukan negara agama,” jelasnya.
(bdh/bdh)

Previous Istighotsah Kubroh: NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhineka Tunggal Ika Adalah Final
Next Buya Syafii Ingatkan Bahaya Radikalisme Terhadap NKRI