Sensasi Wine dalam Kelezatan Kue Favorit


Red Wine Cake
Red Wine Cake

Wine dan masakan kini bukan lagi sebuah ramuan yang asing. Di berbagai restoran kegemaran, Anda pun dapat menemukan aroma wine dan masakan yang berpadu menjadi hidangan yang lezat dan penuh sensasi. Selain dapat memberikan tekanan pada rasa dan aroma makanan, wine pun dapat diolah dan menjadi bagi resep pembuatan kue. Apa jadinya jika minuman dari sari anggur ini diolah bersama kue-kue kesukaan Anda?

Mencampurkan wine ke dalam adonan kue tidak hanya menjadikan kue lebih basah dan lembut, tapi juga terasa lebih nikmat dan membuat menu penutup (desert) Anda makin bercita rasa tinggi. Meracik wine dengan adonan kue memang tidak mendapatkan rasa yang unik, namun resep ini dipastikan mampu menghadirkan sensasi dan kenikmatan yang tidak pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Beberapa resep kue melibatkan wine sebagai bahan utamanya. Namun, ada pula wine yang berfungsi sebagai penambah aroma sekaligus ornament yang memperindah sebuah hidangan. Beberapa jenis kue yang berhasil dipadukan dengan wine dapat menjelma menjadi orange wine cake, white wine cake, red wine cake, blackberry wine cake, dan sebagainya. Cita rasa kue yang dihasilkannya pun dipastikan akan memuaskan selera Anda.

Soal jenis wine apa yang akan Anda gunakan dalam pembuatan kue, tergantung selera dan keinginan Anda. Anda dapat memakai white wine (minuman dari anggur yang kulitnya telah dikelupas), red wine (minuman yang terbuat dari anggur merah atau hitam), sherry (wine asal Spanyol yang diperkuat dengan minuman keras), port (wine Portugal yang dibuat dari anggur), hingga vermouth (wine yang diberi aroma ramuan dan rempah). Yang penting, selama wine tersebut bagus dan enak menurut Anda, maka bagus pula untuk dijadikan campuran kue.

Berbagai resep wine cake yang begitu lezat dapat Anda temukan dan pelajari. Salah satunya adalah menu red wine cake yang populer dan digemari masyarakat Jerman. Untuk mendapatkan kue ini, Anda mesti menyediakan 1 cangkir mentega, gula putih, 4 butir telur, 1 sendok the ekstrak vanilla, 12 ons batangan cokelat, 2 ¼ cangkir tepung terigu, 4 sendok makan bubuk cokelat, dan tentu saja ½ cangkir red wine.

Selanjutnya, campurkan mentega, gula, telur, vanila, dan batangan cokelat hingga merata. Siapkan adonan tepung terigu dalam wadah yang berbeda. Tambahkan red wine dan bubuk cokelat serta diaduk hingga merata. Tuangkan semua adonan ini dalam satu wadah dan masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan 170 °C selama 1 jam. Setelah dingin, hiasi kue ini dengan decorasi menarik sesuai keinginan, seperti gula-gula maupun irisan buah.

Kini, wine cake yang Anda inginkan telah terhidang secara sempurna. Racikan wine dalam kue ini dipastikan akan menghadirkan rasa dan sensasi yang menggoda selera Anda. Jadi, apabila Anda merasa bosan dengan rasa kue yang itu-itu saja, cobalah Anda mencicipi resep-resep ini.

— BH

Previous Mau Lebih Sehat? Bercintalah di Pagi Hari...
Next Wah, Hebat! SD Negeri Besuki Wakili Indonesia di Singapore Youth Festival 2016