Setelah Padi Sukses, Belanja Pertanian diarahkan ke Holtikultura dan Infrastruktur Pertanian


Jakarta, BuletinInfo – Presiden Joko Widodo (Jokowi), meminta belanja pertanian tak lagi fokus ke padi, melainkan ke hortikultura dan infrastruktur seperti irigasi.

“Padinya saya kira sudah mulai rampung, jadi diarahkan ke tempat yang lain. Padinya tahun ini sudah selesai karena kelihatan peningkatan produksinya,” ujar Jokowi.

“Biasanya kan Januari, Februari, Maret stok kita paling rendah, tapi saat ini menjelang panen raya justru stoknya sangat banyak,” tambah Jokowi.

Kementerian Pertanian berhasil melakukan berbagai terobosan termasuk swasembada beras pada tahun 2016, produksi gabah tahun 2016 sebesar 79,3 ton GKG atau setara dengan 44,4 juta ton beras, jauh melebihi kebutuhan konsumsi penduduk Indonesia yang sekitar 33,3 juta ton pertahun.

Bahkan memasuki 2017, Indonesia telah mengekspor beras premium ke Papua Nugini dan memberikan bantuan kemanusiaan 5.000 ton beras ke Srilangka serta melakukan kerjasama dengan Negeri Jiran yakni Malaysia dalam rangka ekspor beras organik.

Oleh karena itu, Presiden meminta kementerian dan lembaga-lembaga terkait sektor pertanian untuk memaksimalkan belanja tahun anggaran 2018 untuk pengembangan tanaman holtikultura dan infrastruktutr pertanian.

Untuk membangun infrastruktur irigasi, Presiden menegaskan, harus disesuaikan dengan jumlah sawah. Jangan sampai terjadi lagi pembangunan irigasi namun tidak ada sawahnya agar pembangunan irigasi tidak sia-sia.

Jangan sampai terjadi lagi pembangunan irigasi namun tidak sesuai dengan jumlah sawah.

“Jadi saya ngomong di sini bukan tanpa data, memang kenyataannya seperti itu, irigasinya ada tapi sawahnya nggak ada. Bendungan nya ada sudah bertahun-tahun tapi sawahnya nggak ada, di lapangan. Serta subsidi pupuk yang tepat sasaran,” tandasnya. ”

Untuk belanja Pertanian lebih diarahkan untuk pengembangan tanaman holtikultura,” jelas Presiden Joko Widodo. (5/4) RN

Previous Tindakan Segelintir Anggota DPD Saat Rapat Paripurna Dapat Merusak Citra DPD
Next Presiden hargai peran para ulama dalam membina umat Islam