Stok Beras Aman, Mendag Peringati Para Pedagang Beras


BuletinInfo.com, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memberikan peringatan keras kepada para pedagang beras jelang Natal dan Tahun Baru.

Mendag menegaskan bila pihaknya tidak akan ragu menangkap dan memberikan hukuman berat bagi para spekulan beras nakal mulai dari tindak pidana hingga pencabutan izin usaha.

“Jangan pernah ada yang berani nantang pemerintah. Berani main-main, spekulan saya tangkap bersama Satgas. Gudang akan saya segel, tidak bisa dagang lagi. Makanya jangan pernah mempermainkan rakyat,” tegasnya.

Menurut Mendag, stok beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur sudah melampaui batas aman sehingga diharapkan mengurangi praktik spekulan. Dari batas aman stok beras 30 ribu ton, diakuinya, saat ini pasokannya mencapai 45 ribu ton beras.

“Karena sudah di atas batas aman, jadi saya tidak takut sama sekali,” ujarnya saat ditemui di kantor pusat Alfamart Cikokol, Tangerang, Sabtu (18/11/2017).
Untuk pengendalian harga, Kementerian Perdagangan telah menggelar operasi pasar (OP) untuk beras medium ke masyarakat. Operasi pasar ini akan terus berlangsung sampai 2,5 bulan ke depan, dimulai sejak awal November 2017. “Kita operasi pasar selama 2,5 bulan untuk beras medium. Berapa pun kebutuhannya kita akan gelontorin (beras),” ungkap Enggar.
Previous Padat Karya Cash Diproyeksikan Bakal Serap 5,7Juta Tenaga Kerja
Next TNI-Polri Kompak Negara Aman