Survei Populi Center : Elektabilitas Nurdin Abdullah-Sudirman capai 32 persen, menjadi yang tertinggi dibandingkan kandidat yang lain


Lembaga nonprofit yang mendalami masalah opini dan kebijakan publik, Populi Center merilis hasil survei Pilkada Sulawesi Selatan 2018, Kamis (1/2/2018).

Hasilnya, pasangan Nurdin Abdullah- Andi Sudirman Sulaimanmemperoleh tingkat elektabilitas tertinggi dibandingkan tiga kandidat lain.

Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan menyampaikan, tingkat elektabilitas Nurdin-Sudirman yang diusung PDI-P itu mencapai 32,0 persen.

“Persentase ini cukup jauh perbedaannya dibandingkan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar yang memperoleh perolehan 23,0 persen,” kata Dimas dalam pemaparan survei, Kamis.

Di bawah pasangan Icshan Limpo-Andi Mudzakkar ada pasangan Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar yang memperoleh perolehan 17 persen. Di urutan terakhir, ada pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo yang memperoleh 10,9 persen.

Sebanyak 19,9 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab saat ditanyakan pertanyaan siapakah yang akan dipilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan jika Pilkada Sulsel 2018 dilakukan hari ini.

“Temuan menarik dari survei bulan Januari 2018 adalah bahwa kemunculan Agus Nu’mang-Tanribali Lamo membuat elektabilitas Nurdin Halid-Qahhar Mudzakkar dan Ichsan Limpo-Andi Mudzakkar turun. Sementara elektabilitas Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman masih solid,” kata Dimas.

Adapun untuk tingkat kemantapan pilihan masyarakat Sulawesi Selatan, sebanyak 52,8 persen responden menyatakan sudah mantap dengan pilihannya. Sementara itu, sebanyak 24,4 persen responden mengaku masih mungkin berubah pilihan.

Survei Populi Center ini dilakukan dari 15-22 Januari 2018 dengan melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak-bertingkat.

Margin of error survei sebesar 3,39 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Previous Lapangan tenis baru siap sambut Asian Games 2018, Ini tujuh dari 14 venue yang direnovasi
Next Indahnya kebersamaan BG bersama Pengurus DMI, panutan bagi umat