Tangkap 3 Teroris di Jawa Timur sebelum Lakukan Aksi Teror menjadi keberhasilan Densus 88


Jawa Timur, BuletinInfo – Densus 88 kembali menangkap tiga terduga teroris di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pagi tadi. Diduga ketiganya berencana melakukan penyerangan terhadap salah satu Polsek di Lamongan.

“Awalnya ditangkap satu orang terduga teroris inisial ZA dan kemudian dikembangkan dengan menangkap saudara AB yang juga menjadi bagian dari saudara ZA,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/4).

Dia mengatakan penangkapan satu terduga lainnya berinisial ZH.

Ketiganya merupakan orang yang ditunjuk oleh Oman Abdurahman sebagai pimpinan Jamaah Anshorut Daullah (JAD). Oman sendiri merupakan napi kasus teroris yang ditahan di LP Nusakambangan.

“Pada peristiwa sebelumnya ada pembelian senjata api di Philipina, yang 2 senjata api itu dipakai pada saat peristiwa bom Thamrin, dan 3 lainnya masih dicari,” ujar Martinus.

Ketiga terduga teroris, menurut Martinus,masuk dalam kelompok SM yang ditangkap di Cilegon bulan lalu. Mereka disinyalir berencana menyerang Polsek Brondong pekan depan.

Selain itu, Martinus mengatakan, tiga orang itu juga terkait penangkapan sebelumnya yang ada di beberapa wilayah, seperti Bekasi, Tangerang, dan Serang.

“Masih dalam kaitan itu untuk lengkapnya nanti, saya sifatnya membenarkan penangkapan ini dan yang ditangkap dalam atas nama ZA, ZH,dan AB,” tuturnya.

Saat ini, tim Densus 88 telah berhasil menggagalkan sejumlah rencana aksi teror yang dilakukan oleh kelompok teroris.

Densus 88 berusaha untuk memburu pelaku terorisme sebelum melakukan aksinya.

Hal itu dilakukan sebagai usaha preventif pencegahan timbulnya korban jiwa yang diakibatkan oleh serangan tersebut.

Tindakan tersebut dinilai sukses karena dalam kurun waktu belakangan ini tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan oleh pelaku terorisme.

Previous Densus Amankan MNW Guna Cegah Masuknya Sel ISIS Ke Indonesia
Next Pemerintah Indonesia kini mengelola jasa pemanduan kapal yang berlayar di Selat Malaka