Terkait Tuduhan Fitnah Bahwa Jokowi PKI, Berikut Silsilah Keluarga Yang Sebenarnya


Jakarta – Terdapat sebaran broadcast terkait tuduhan Presiden Joko Widodo sebagai unsur PKI di aplikasi chat Whatsapp yang disertakan artikel pada media online sketsanews.com.

Akan tetapi, tuduhan yang ditujukan dalam artikel tersebut sangatlah tidak berdasar dan merupakan hoax.

Artikel yang merujuk pada laman Sketsanews.com adalah postingan lama (2 Desember 2016) yang disertakan sebagai bahan untuk meyakinkan sebaran di Whatsapp.

Jika dilihat secara seksama artikel tersebut mengatakan bahwa tuduhannya sebagai fakta, namun hal itu hanya merupakan opini belaka.

Hal itu terlihat dari tidak adanya bukti-bukti yang disuguhkan oleh artikel tersebut yang menguatkan tuduhannya tersebut.

Alur tuduhan tersebut sengaja dibuat secara kronologis untuk memberi kesan persuasif agar menggiring pembaca, akan tetapi tidak diperkuat dengan data-data yang valid.

Secara kaidah jurnalistik postingan pemberitaan di sketsanews tersebut tidak memenuhi kriteria sebagai produk jurnalistik, karena tidak menampilkan sumber dari kedua belah pihak.

Lebih lanjut, artikel tersebut bersifat disinformasi dan merupakan salah satu bentuk propaganda negatif yang ditujukan terhadap Presiden Jokowi dan juga PDIP.

Presiden Jokowi sendiri lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961) dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi dan merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ayahnya berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali.

Ayah dari Notomiharjo sendiri, atau kakek Jokowi dari pihak ayah, Lamidi Wiryo Miharjo, merupakan Kepala Desa Kragan, Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar.

Jadi tudah bahwa Presiden Jokowi adalah keturunan atau PKI dan juga keturunan Tionghoa adalah tidak benar.

Dalam buku Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi, Kisah Perempuan Pengajar Kesederhanaan yang terbit tahun 2014 lalu, dapat diketahui secara lebih jelas silsilah keluarga dari Presiden ke-7 tersebut.

Previous Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan pasokan beras, Pemerintah akan segera membenahi tata niaga pangan khususnya beras
Next Sebaran berita terkait Presiden Jokowi sebagai unsur PKI melalui aplikasi chat Whatsapp dan sketsanews.com merupakan berita Hoax

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *