Tjipta Lesmana Sebut Presiden Jokowi Belum Berpikir Ganti Kepala BIN


Jakarta – Pakar Komunikasi Politik Prof.DR.Tjipta Lesmana angkat bicara tentang wacana pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang berkembang belakangan ini. Tjipta melihat isu pergantian ini sudah mencuat 1,5 bulan lalu. “Isu Sutiyoso akan dicopot ini berseliweran di Senayan (DPR RI), tidak jelas sumbernya, tetapi beritanya muncul di koran-koran,” ujarnya kepada Detak.Co, Kamis (25/8).

Tjipta menjelaskan bahwa meskipun isu pergantian Kepala BIN santer di berbagai media, tetapi tidak jelas alasannya apa. “Media massa hanya memberitakan puji-pujian kepada Budi Gunawan (BG) sebagai sosok yang tepat menggantikan Sutiyoso. Media-media itu menyebut BG berhasil mengkonsolidasikan Polri” tuturnya.

Tjipta mengungkapkan informasi yang diperolehnya dari sumber yang menurutnya A1 (akurat). “Sumber itu menyatakan kepada Saya bahwa sampai detik ini Presiden Jokowi belum pernah berpikir atau belum pernah merencanakan pergantian Kepala BIN. Jadi Presiden juga tidak mengerti dan heran, darimana informasi itu beredar,” ucap Tjipta menirukan sumbernya.

Profesor Tjipta melihat yang banyak bicara mengenai isu pergantian ini adalah Politisi PDIP, Charles Honoris. “Saya yakin sekali ada pihak yang sengaja melemparkan bola pergantian Kepala BIN, Saya tidak bisa buka siapa orangnya, tetapi ada kepentingan tertentu,” katanya, kamis (25/8). Namun Ia melihat langkah pihak yang ingin Kepala BIN diganti ini tidak berhasil.

Tjipta juga mengkritisi latar belakang Budi Gunawan. “Beliau (BG) mungkin Polisi yang profesional, tetapi Saya melihat Budi Gunawan ini tidak pernah ada latar belakang Intelijen. Orang-orang yang memuji BG tidak pernah sampaikan ke publik perihal ini,” tutupnya.

-FN

Previous Pengamat: Presiden Itu Tidak Bisa Ditekan Soal Pergantian Kepala BIN
Next Ganti Kepala BIN Hak Presiden, Jangan Diintervensi