Trans Papua Dan Pembangunan Infrastruktur Adalah Prioritas Pemerintah


Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, dalam rangka memenuhi keadilan dan mengurangi kesenjangan ekonomi antar wilayah.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2017), menyampaikan bahwa Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi fokus pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan jalan di Provinsi Papua dan Papua Barat tidak semata menghubungkan antar kota atau kabupaten untuk membuka keterisolasian, namun harus dapat menurunkan angka kemahalan,” kata Basuki.
Selain itu, dia menambahkan bahwa pembangunan jalan Trans Papua dan perbatasan yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan ekonomi saat ini sudah memperlihatkan progres yang signifikan.

Misalnya, harga bahan pokok dan semen yang masih mahal di Wamena. Untuk itu perlu dibangun jalan dari Mamugu (yang memiliki pelabuhan kecil)- Kenyam – Habema hingga Wamena, termasuk beberapa jembatan yang perlu dibangun.

Lebih lanjut, Basuki melanjutkan nantinya Wamena akan terhubung juga dengan tol laut dan Jalan Trans Papua Wamena – Ilaga – Enarotali – Nabire hingga Wasior, yang juga memiliki pelabuhan bongkar muat barang.

Previous Pengusaha Eropa Nilai Indeks Kepercayaan Bisnis Indonesia
Next Mandalika Jadi Incaran Investor Australia