Yang keluarkan perpres bukan masa pemerintahan Jokowi, melainkan pemerintahan SBY


Jakarta, BuletinInfo – Reklamasi teluk Jakarta terus bergulir bagaikan “bola panas” yang dapat mengena kepada siapa saja tergantung diarahkan kepada siapa. Saat ini nampakanya bola panas tersebut diarahkan oposisi ke presiden Jokowi. Indikatornya jelas bahwa Presiden Jokowi di tuding telah mengeluarkan prepres tentang reklamasi. Padahal faktanya tidak. Tudingan tersebut hanyalag fitnah belaka.

Presiden Joko Widodo tidak pernah mengeluarkan Perpres mengenai reklamasi karena aturan tersebut sudah dikeluarkan satu bulan sebelum Jokowi menjabat sebagai Presiden RI. Perpres tentang reklamasi dikeluarkan oleh pemerintahan sebelumnya yaitu Presiden Soeharto, kemudian diperkuat oleh Perpres yang dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada masa kepemimpinannya.

Sementara itu untuk jika dikaitkan dengan masa Presiden Jokowi ketika masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, hanya menerbitkan Pergub terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk pengaturan pelaksanaan izin reklamasi telah diterbitkan sebelumnya oleh Gubernur DKI terdahulu.

Yang perlu dipahami masyarakat adalah pengeluaran Pergub mengenai Juknis dan Pergub mengenai izin reklamasi merupakan dua hal yang sangat berbeda. Joko Widodo tidak memberikan keputusan perizinan terkait reklamasi namun hanya mengeluarkan batasan dan aturan pelaksanaan berdasarkan perijinan yang sudah disahkan oleh gubernur sebelumnya, Fauzi Bowo.

Oleh sebab itu masyarakat diimbau tidak mudah terprovokasi pemberitaan yang mendiskreditkan Presiden Joko Widodo mengenai perizinan reklamasi, karena pemberitaan tersebut tidak benar.

(HA)

Previous Siasat Busuk Novel Baswedan, ICW Dan Tempo Manfaatkan Lahan Basah KPK
Next Ciduk pemilik akun Andre Sopyan yang fitnah Presiden Jokowi makan babi